Breaking News
Loading...
Tuesday, April 19, 2016

Legenda Euro: Anton Ondrus

Jagoan terdepan Belanda ketika itu, Johan Cruyff, penasaran karena kalah 1-2. Dia menyebut Belanda sebetulnya lebih layak menjadi pemenang. Ekspektasi balas dendam di Euro 1976 pun muncul.

Cekoslovakia diperkirakan hanya akan menjadi lawan pemanasan bagi Belanda di semifinal Euro 1976 sebelum berjumpa Jerman Barat pada partai puncak.

Akan tetapi, Cruyff ternyata menemui hari buruk ketika berhadapan dengan bek sekaligus pemegang ban kapten Cekoslovakia, Anton Ondrus.

Ondrus berhasil memimpin rekan-rekannya untuk mematikan sang ancaman utama dari Belanda itu. Cruyff tidak berbuat banyak, bahkan menerima kartu kuning yang membuatnya pasti tidak bisa merumput pada pertandingan Tim Oranye selanjutnya.

Bukan hanya mematikan Cruyff, Ondrus juga mencetak gol pembuka skor dalam laga semifinal itu. Penampilannya yang bagus berlanjut di final.

Pemain kelahiran 27 Maret 1950 itu tampil baik menghalau banyak peluang bagus Jerman Barat. Dalam drama adu penalti, Ondrus juga berkontribusi.

Dia menjadi salah satu eksekutor yang sukses menjalankan tugasnya sehingga Cekoslovakia akhirnya keluar sebagai juara Euro 1976.

Ondrus memperkuat timnas Cekoslovakia sejak 1974 hingga 1980. Setelah kesuksesan di Euro 1976, dia juga membawa negaranya meraih medali perunggu di Euro 1980.

Sepanjang kariernya, Ondrus mengoleksi 58 cap dan 9 gol untuk Cekoslovakia.

Sumber : Juara

0 comments :

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Back To Top